military, intelligence, security & foreign policy
military, intelligence, security & foreign policy

What World War III May Look Like

Bagaimana perang dunia ke-3 akan terjadi? Apa pemicunya? Siapa saja pihak yang akan terlibat di dalamnya? Philip Giraldi, seorang eks-CIA, mencoba menuangkan skenario meletusnya perang dunia ke tiga dalam artikelnya What World War III May Look Like

Secara singkat, menurut Giraldi, pemicu perang dunia ke-3 adalah krisis nuklir Iran. Sebuah insiden kecil terjadi di perbatasan Irak-Iran antara marinir AS dan angkatan laut Iran. AS yang telah ‘kebelet’ ingin mengebom Iran segera menganggapnya sebagai tindakan perang dan segera melancarkan serangan udara masif ke instalasi nuklir, command and control, dan komunikasi di Iran.

Iran yang babak belur segera melakukan tindakan balasan secara konvensional dengan menyerang armada US Navy di teluk Arab. Satu kapal induk mengalami kerusakan berat. Selat Hormuz ditutup hingga suplai minyak dari teluk Arab terhenti. Harga minyak naik hingga $200 per barrel. Tak cukup dengan itu, Iran juga melakukan serangan balasan melalui jaringan proxynya : Hizbullah, milisi Syiah di Irak, dan sel-sel simpatisan Iran yang telah ditanam untuk melakukan misi bunuh diri.

Di Irak, milisi Syiah yang berlokasi di Basrah melakukan serangan besar-besaran hingga berhasil memotong garis suplai militer AS yang bermuara dari Kuwait. Serangan terhadap militer AS juga meningkat tajam di Afghanistan, terutama di bagian barat negeri itu yang cenderung tenang.

Di tengah-tengah perang AS dan Iran, terjadi serangan teroris yang mendestabilisasi Pakistan. Musharraf lari menyelamatkan diri ke Dubai. Situasi semakin tidak menentu hingga menyebabkan militer India menyiapkan diri untuk melakukan serangan pre-emptive nuklir ke Pakistan jika arsenal nuklir Pakistan jatuh ke tangan para fundamentalis Islam. Bagaimana cerita selanjutnya? Silahkan lihat ke artikelnya langsung, di sini.

Yang pasti, cara berpikir skenario seperti ini asyik juga (not to mention spectacular). Tetapi tetap ada satu kelemahan : cara berpikir ini lahir dari satu pikiran, yang tentu akan sulit memprediksi cara berpikir tiap-tiap pihak yang didrive oleh kepentingan (dan ketakutan) masing-masing.

Mungkin untuk membuat skenario ini lebih realistis, perlu dilakukan role-playing (ada yang menjadi AS, Iran,Israel, Hizbullah, Taliban, dll), dimana setiap role mengetahui kekuatan, kelemahan, kekhawatiran, kepentingan dan prejudice dari kacamata masing-masing. Dengan simulasi ini, dapat dilihat bagaimana tiap pihak bereaksi terhadap setiap event yang terjadi.

Bagaimanapun, artikel ini menarik untuk dibaca. Highly recommended lah!

One Response to “What World War III May Look Like”

  1. Oh tidak-tidak itu kemungkinan salah. Perang dunia III adalah perang yang diikuti oleh semua negara, karena perang ini adalah perang yang membawa sentimen agama yang terdapat di seluruh dunia. Bukan lagi perang ideologi yang hanya dimiliki sebagian.

    Kalau menurut saya beginilah yang akan terjadi :
    1. Keadaan politik semua negara terutama di negara-negara eropa akan memanas, seiring dengan masuknya paham Islam yang ekstrim dan keliru yang berasal dari Arab Saudi sehingga setiap hari muncul kekacauan, dan ketegangan.
    2. Peristiwa tersebut memicu pemerintah negara setempat bertindak dengan ekstrim pula.
    3. Seluruh dunia dan masyarakatnya menyaksikan peristiwa tersebut dengan emosi sehingga mulai memposisikan diri mereka dan membangun kekuatan dan persiapan.
    4. Negara-negara yang memiliki potensi konflik seperti Amerika, Eropa, Rusia, China, Turki, Negara-negara Arab mulai melakukan manuver-manuver untuk memblokir ekspor-impor untuk saling membalas.
    5. Keadaan di Palestina ikut memanas oleh munculnya kembali intifada dan disinilah perang dunia tiga itu dimulai. Israel Membalas, Hizbullah membalas, Mesir bersiap2, Iran meluncurkan rudal ke Israel, Amerika dan Eropa segera menyerang Iran, Mesir, Syria, Jordan, Pakistan. Rusia segera membantu negara-negara Arab.
    6. Korea Selatan dan Utara kembali berperang karena tidak ada lagi kepercayaan, disinilah mulai terjadi kekacauan di Asia. China dan Jepang langsung menyerang ke semua negara yang berpotensi menjadi musuhnya.
    7. Terakhir negara-negara Asia Tenggara, Afrika, termasuk Australia dan Newzealand langsung membentuk aliansi-aliansi/ blok-blok sendiri. Penolakan akan terjadi di dalam negara2 tersebut, karena di negara-negara ini begitu plural (ada semua agama) sehingga setiap kelompok masyarakat langsung mempersiapkan senjata dan menunggu aba-aba pemimpin yang mereka percayai. Maka dimulailah perang saudara/ sipil yang sangat kacau dan mengerikan di semua negara-negara ini.
    8. Perang yang akan terjadi di Asia Tenggara diperkirakan:
    -Malaysia, Brunei vs Singapura -Indonesia vs Australia -Filipina Perang sipil -Thailand perang sipil – Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, akan dipengaruhi China.
    9. Perang akan berlangsung beberapa tahun saja dan diakhiri dengan kehancuran yang sangat parah karena perang nuklir yang sering terjadi. Hal ini menyadarkan setiap negara untuk berhenti berperang. Tetapi perang sipil terus menerus berlangsung tanpa henti.
    10. Untuk selanjutnya adalah perang dunia IV yang pasti akan terjadi seperti -prophecy- yang ada pada setiap agama. Terutama 3 Agama karena -prophecy- nya mirip sekali. Setelah itu langsung kiamat deh.

    Yah itulah menurut pendapat saya yang selalu mengikuti berita di CNN, Internet dan Koran.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: